Aktivitas Administrasi via http://www.anneahira.com/
Terdapat aktivitas administrasi dalam suatu
perusahaan, seperti yang dikemukakan oleh para ahli berikut.
Menurut
Sedarmayanti (2009:5) pekerjaan kantor dapat dibagi menjadi sebagai berikut:
1.
Mengumpulkan/menghitung
keterangan
Yaitu kegiatan
mencari dan mengusahakan tersedianya segala keterangan yang tadinya belum ada
atau berserakan di mana-mana, menjadi keterangan yang siap dipergunakan
bilamana diperlukan.
2.
Mencatat keterangan
Yaitu kegiatan
membubuhkan keterangan dengan pelbagai macam peralatan sesuai dengan
perkembangan teknologi modern dan kebutuhan, keterangan yang diperlukan
sehingga wujud keterangan dapat langsung siap pakai.
3.
Mengolah keterangan
Yaitu
bermacam-macam kegiatan mengerjakan keterangan dengan maksud menyajikannya dalam
bentuk yang lebih berguna.
4.
Menggandakan keterangan
Yaitu kegiatan
memperbanyak keterangan dengan pelbagai cara dan alat, sebanyak jumlah yang
diperlukan.
5.
Mengirim keterangan
Yaitu kegiatan
menyampaikan keterangan dengan pelbagai cara dan alat dari satu pihak kepada
pihak lain.
6.
Menyimpan keterangan
Yaitu kegiatan
menaruh atau meletakkan keterangan dengan pelbagai cara dan alat di tempat
tertentu sehingga lebih teratur, sistematis dan aman.
Sedangkan
menurut Gie (2009:16) Tata Usaha menurut intinya adalah tugas pelayanan di
sekitar keterangan-keterangan yang berwujud enam pola perbuatan:
1.
Menghimpun
Yaitu
kegiatan-kegiatan mencari dan mengusahakan tersedianya segala keterangan yang
tadinya belum ada atau berserakan di mana-mana sehingga siap untuk dipergunakan
bilamana diperlukan.
2.
Mencatat
Yaitu kegiatan
membubuhkan dengan pelbagai peralatan tulis keterangan-keterangan yang
diperlukan sehingga berwujud tulisan yang dapat dibaca, dikirim, dan disimpan.
Dalam perkembangan teknologi modern sekarang ini termasuk pula memateri
keterangan-keterangan itu dengan alat-alat perekam suara sehingga dapat
didengar, misalnya “pencatatan” pada pita rekaman.
3.
Mengolah
Yaitu bermacam-macam kegiatan
mengerjakan keterangan-keterangan dengan maksud menyajikannya dalam bentuk yang
lebih berguna.
4.
Mengganda
Yaitu kegiatan memperbanyak dengan
pelbagai cara dan alat sebanyak jumlah yang diperlukan.
5.
Mengirim
Yaitu kegiatan menyampaikan dengan
pelbagai cara dan alat dari satu pihak kepada pihak lain.
6.
Menyimpan
Yaitu kegiatan menaruh dengan pelbagai
cara dan alat di tempat tertentu yang aman.
Sumber:
Gie,
Liang. 2009. Administrasi Perkantoran
Modern. Cetakan ke 9. Yogyakarta:Liberty
Sedarmayanti.
2009. Dasar-Dasar Pengetahuan tentang
Manajemen Perkantoran Suatu Pengantar. Bandung:Mandar Maju
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon